KAI Akan Bangun Mal Rp 200 Miliar di Purwokerto

Purwokerto - Perkembangan kota Purwokerto yang kian pesat membuat PT Kereta Api Indonesia (KAI) melalui anak perusahaannya PT KA Property Management, berencana membangun pusat perbelanjaan (mal) di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

"Lahan yang akan digunakan merupakan area eks emplasemen stasiun Purwokerto Timur yang luas keseluruhannya mencapai 40.500 meter pesegi," kata Manajer Humas KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono, Senin (27/5/2013).


Menurut dia, nilai investasi yang dibutuhkan nantinya diperkirakan mencapai hampir Rp 200 miliar, tepatnya Rp 194,7 miliar. Mal tersebut rencananya akan dilengkapi exhibition hall, tenant-tenant, exterior shop dan public area di lantai 1. Sedangkan lantai 2 akan dilengkapi food curt, exterior shop dan kidzone atau play ground.


Selain itu, lanjut Surono, kawasan bisnis tersebut juga akan dilengkapi area parkir seluas 5.400 meter pesegi, fasilitas umum seperti mushola, dan toilet serta taman seluas 3.800 meter pesegi.


Saat ini PT KAI Daop 5 Purwokerto bersama PT KA Property Manajemen menertibkan lahan seluas 5.550 meter persegi serta masih dalam proses pembongkaran, karena sebelumnya ditempati oleh 38 penghuni.


"Seluruh penghuni sudah sepakat untuk membongkar bangunan miliknya hari ini Senin,dan menyerahkannya pada PT KAI," jelasnya.


Pembangunan area bisnis ini akan dilaksanakan dari sisi selatan dan tengah yang merupakan bangunan induk. Sehingga nantinya pertokoan yang sebelumnya sudah berada di stasiun Timur sisi utara Jalan Jenderal Sudirman tetap bisa melakukan aktivitasnya selama pembangunan mall berlangsung.


(arb/dnl)