Pensiunkan Boeing, Citilink Remajakan Armada dengan Airbus A320

Denpasar - Maskapai penerbangan low cost carrier Citilink akan menambah pesawat baru jenis Airbus A320. Citilink tidak akan lagi menerbangkan pesawat jenis Boeing miliknya.

"Akhir bulan ini kita no operation untuk jenis Boeing," ujar Direktur Utama Citilink Arif Wibowo di Denpasar, Bali, Senin (27/5/2013).


Alasan Citilink tak lagi menggunakan pesawat Boeing miliknya adalah karena umur pesawat yang sudah tua. Rata-rata umur pesawat Boeing milik Citilink adalah 10-12 tahun.


"Pesawat yang dimiliki Citilink (Airbus) adalah pesawat termuda di Indonesia saat ini," ucapnya.


Rata-rata pesawat Airbus A320 milik Citilink masih berusia 8 bulan. Saat ini maskapai yang identik dengan warna hijau tersebut telah memiliki 29 pesawat. Dari jumlah itu, 22 di antaranya merupakan jenis Airbus A320.


"Sampai akhir tahun akan ada 24 Airbus yang dimiliki Citilink," papar Arif.


Selain itu, maskapai ini juga akan membeli 7 unit pesawat Turboprop yang akan digunakan untuk melayani rute-rute perintis. "Tujuh pesawat Turboprop ini sedang dalam proses pemesanan," kata Arif.


Diproyeksikan, pada akhir 2014, Citilink akan memiliki 60 unit pesawat. Ini terdiri dari 40 unit pesawat Airbus A320, dan 20 unit pesawat Turboprop.

Lewat penambahan pesawat-pesawat itu, maka pesawat-pesawat yang digunakan Citilink akan berumur lebih muda lagi.


(kff/dnl)