Angkut Motor Pemudik, BUMN Ini Beli 2 Kapal Bekas dari Korsel

Jakarta - BUMN Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) akan mendatangkan kapal bekas dari Korea Selatan. Kapal ini akan digunakan untuk mengangkut motor pemudik pada musim mudik lebaran nanti.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengatakan, kapal impor ini telah sampai di Batam dan sedang dibersihkan di PT Dok Kodja Bahari, sebelum nantinya dioperasikan oleh ASDP.


"Saya sekarang menunggu telepon seseorang, di mana kalau dia menelepon saya akan melihat dua kapal besar ASDP di Dok Kodja Bahari," kata Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2013).


Masing-masing kapal bekas ini, menurut Dahlan, mampu mengangkut 1.500 unit sepeda motor. Sehingga dapat meminimalisir kecelakaan di darat.


"Nanti itu 1 dipakai untuk Merak. Satu lagi dipakai untuk memperkuat Ketapang-Gilimanuk. Harapannya kita 2 kapal ini bisa dipakai sepeda motor. Bisa mengangkut 1.500 motor 1 kapal langsung masuk disedot," katanya.


"Gambaran saya ya, diizinkan atau tidaknya lihat nanti," imbuhnya.


Dahlan tidak menyebut berapa besaran harga dari kapal yang didatangkan ini. "Harga saya tidak tahu, ini kapal bekas Korea, tapi masih baru," katanya.


(zul/dnl)