Bandara Kuala Namu Beroperasi, Garuda Ingatkan Penumpang Tiba 2 Jam Jelang Terbang

Jakarta - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengimbau kepada para penumpang yang akan melakukan penerbangan dari Medan untuk berangkat lebih awal menuju Bandara dan tiba di Bandara 2 jam sebelum waktu keberangkatan.

Hal ini untuk kenyamanan penumpang dan untuk menghindari keterlambatan penerbangan terkait operasional Bandara Kuala Namu yang mulai menggantikan Bandara Polonia, Medan pada hari Kamis 25 Juli 2013.


Dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/7/2013), penerbangan pertama, Garuda Indonesia dari Kuala Namu International Airport (KNIA) rencananya lepas landas pada pukul 05.00 WIB (penerbangan GA 181) dan tiba di Jakarta pukul 07.40 WIB.


Sementara itu, penerbangan terakhir Garuda Indonesia yang akan mendarat pada Bandara Polonia pada tanggal 24 Juli 2013 adalah penerbangan GA 196 dari Jakarta pukul 19.45 WIB dan tiba di Medan pukul 22.10 WIB.


Kuala Namu International Airport (KNIA) berlokasi di Desa Beringin, Kabupaten Deli Serdang yang berjarak sekitar 39 kilometer dari kota Medan.


Untuk menuju Bandara ini, selain menggunakan kendaraan pribadi, para penumpang memiliki beberapa pilihan transportasi umum antara lain dengan menggunakan Bus Damri, taksi, atau kereta api melalui Stasiun Besar Medan. Waktu tempuh kendaraan pribadi, taksi maupun bus adalah sekitar 75-90 menit, sedangkan kereta api memerlukan sekitar 35-40 menit menuju Bandara.


Penumpang Garuda Indonesia dapat melakukan check-in di area “Island B” di terminal keberangkatan (departure hall). Selanjutnya, bagi para penumpang kelas bisnis dapat menunggu di “Interim Executive Lounge” yang berlokasi di depan pintu masuk gate 5-8.


Medan adalah hub ke-empat Garuda Indonesia, yang merupakan “hub” Indonesia bagian Barat, dan diresmikan pada tanggal 3 Mei 2013 lalu.


Saat ini, Garuda Indonesia melayani penerbangan Jakarta – Medan (pp) sebanyak 9 kali per hari dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800 NG dengan kapasitas 156 penumpang yang terdiri dari 12 penumpang di kelas bisnis dan 150 penumpang di kelas ekonomi.


Selain itu, melalu hub Medan ini, Garuda Indonesia juga melayani penerbangan Medan – Aceh (pp), Medan – Batam (pp), Medan – Pekanbaru (pp), Medan – Padang (pp), Medan – Palembang (pp) dan Medan – Penang (pp), dengan total 20 penerbangan setiap hari.


Rute-rute penerbangan tersebut dilayani setiap hari dengan pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen dengan kapasitas 96 kursi, terdiri dari 12 kursi di kelas eksekutif dan 84 kursi di kelas ekonomi.


(hen/hen)