Gaji Gubernur BI Rp 194 Juta/Bulan, Adakah yang Lebih Tinggi?

Jakarta -Tahun depan, rencananya gaji seluruh pegawai Bank Indonesia (BI) naik sampai 14,5%. Gaji Gubernur BI akan naik dari Rp 170 juta per bulan menjadi Rp 194,19 juta per bulan.

Bagaimana gaji Gubernur BI dibanding lembaga-lembaga negara yang lain?


"Kalau dibandingkan presiden, lebih tinggi BI," ujar Harry Azhar Azis, Ketua Panja Rancangan Anggaran Tahunan Bank Indonesia (RATBI) 2015, kepada detikFinance, Selasa (9/9/2014). Sebagai gambaran, gaji presiden adalah sekitar Rp 62 juta.


Namun bila dibandingkan sejumlah instansi keuangan lainnya, seperti Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lanjut Harry, gaji Gubernur BI masih kalah tinggi.


"Gaji LPS tidak dibahas di DPR, tapi diteken Menteri Keuangan. Saya kurang tahu jumlahnya, namun yang jelas lebih tinggi dibandingkan BI," kata Harry.


Sebagai gambaran, tahun ini gaji Kepala Eksekutif LPS adalah sekitar Rp 175 juta per bulan. Lebih tinggi dibandingkan Gubernur BI yang tahun ini Rp 170 juta per bulan.


OJK, tambah Harry, juga dapat gaji lebih tinggi dibandingkan BI. Menurutnya, hal ini sudah dibahas saat penggodokan UU OJK.Next


(hds/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!