Ini Alasan Gaji Gubernur dan Pegawai BI Naik Tahun Depan

Jakarta -Tahun depan, gaji seluruh pegawai Bank Indonesia (BI) rencananya naik sampai 14,5%. Kenaikan ini akan berlaku mulai dari level Gubernur hingga pegawai paling bawah.

Dikutip dari Rancangan Anggaran Tahunan BI (RATBI) 2015, gaji yang akan diterima Gubernur BI Agus Martowardojo tahun depan Rp 194,19 juta per bulan. Naik dibandingkan tahun ini yang Rp 170 juta per bulan.


Kemudian untuk Deputi Gubernur Senior akan menerima gaji Rp 174,77 juta per bulan. Juga naik dari tahun ini yaitu Rp 169,44 juta per bulan.


Sedangkan pada jajaran Deputi Gubernur lainnya diberikan gaji Rp 155,35 juta per bulan. Naik dari tahun ini yang sebesar Rp 123,1 juta per bulan.


Menurut Harry Azhar Azis, Ketua Panja RATBI 2015, ada kriteria yang digunakan untuk menaikkan gaji Dewan Gubernur BI. "Kami di Komisi XI DPR sudah menetapkan benchmark mengenai gaji Dewan Gubernur BI," katanya kepada detikFinance, Selasa (9/9/2014).


Indikator tersebut, lanjut Harry, adalah inflasi. "Kalau inflasi tidak melampaui asumsi dalam APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara), maka gaji BI bisa naik," tuturnya.


Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat laju inflasi sepanjang Januari-Agustus 2014 sebesar 3,42%. Lebih rendah dibandingkan asumsi inflasi dalam APBN-Perubahan 2014 yang sebesar 5,3%.


"Inflasi sekarang masih di bawah asumsi APBN. Jadi Anda bisa simpulkan dengan bahasa sendiri," ujar Harry.


Namun untuk personel BI yang bukan Dewan Gubernur, tambah Harry, kenaikan gajinya tidak didasarkan pertimbangan tersebut. "Dewan Gubernur kan terkait kebijakan. Jadi kalau bukan Dewan Gubernur kenaikannya normal saja," sebutnya.


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!