KRL Bandara Soetta Beroperasi Awal 2016, Tiket Rp 100 Ribu

Jakarta -Sempat molor 2 tahun lebih, kereta rel listrik (KRL) bandara Soekarno-Hatta (Soetta) ditargetkan mulai berperasi pada awal 2016. Tiketnya sekitar Rp 100 ribu sekali jalan.

Direktur Utama PT Railink Muhammad Nurul Fadhila mengatakan, kereta bandara Soetta ini akan mulai bergerak dari stasiun Manggarai. Kemudian, akan dibangun juga stasiun khusus kereta bandara di kawasan Jalan Sudirman.


"Sekarang persiapan konstruksi, awal 2016 operasinal dari Manggarai. Jadi Manggarai-Sudirman-Duri-Batu Ceper-Soetta," kata Fadhila kepada detikFinance di Stasiun Gambir, Senin (8/9/2014).


Untuk tiket, Fadhila mengatakan, harganya sekitar Rp 100 ribu. Waktu tempuh dari Manggarai ke bandara Soetta akan mencapai sekitar 54 menit dengan KRL ini.


"Satu hari akan ada 122 perjalanan (PP). Operasional mulai pukul 4 subuh hingga pukul 12.00 malam. Untuk stasiun di bandara, itu di antara terminal 1 dan terminal 2," katanya.


Untuk pembangunan KRL ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan membangun prasarana rel, sementara PT Angkasa Pura II akan membangun stasiun di dalam bandara, dan untuk sarana keretanya akan dilakukan oleh Railink.


Investasi yang dikeluarkan oleh KAI untuk proyek kereta bandara ini adalah sebesar Rp 1,7 triliun.


(dnl/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!