Liburan Paskah, Transaksi Tol Dalam Kota Turun 15%

Jakarta - Jalan tol di Jakarta mendadak lengang dalam 3 hari belakangan ini, karena mayoritas kendaraan mengarah ke luar Jakarta. PT Jasa Marga Tbk menyatakan, beberapa ruas tol yang dioperasikan mengalami penurunan transaksi kendaaraan.

Direktur Operasional PT Jasa Marga Tbk, Hasanudin mengungkapkan untuk ruas tol Sedyatmo yang transaksinya mengalami penurunan hingga 11%, dari transaksi lalu lintas harian yang biasanya mencapai 198.500 kendaraan per hari.


"Perkiraan Sedyatmo turun sampai 11%, dalam kota turun 15%, dari biasanya transaksi kendaraan 560.000," kata Hasan kepada detikFinance, Minggu (31/3/2013).


Hal yang berbeda terjadi di ruas-ruas tol menuju jalur A atau jalur menuju Bandung. Seperti contoh untuk ruas tol Cikampek (Cikarang Utama) yang naik hingga 23%, padahal dalam kondisi hari-hari normal, volume transaksi di ruas tol tersebut mencapai 531.650 kendaraan.


"Cipularang naik juga 21%, Padaleunyi naik 8%, Jakarta-Tangerang naik 8%," kata Hasan.


Sementara untuk ruas tol lain spseti Jakarta Outer Ring Road mengalami penurunan volume transaksi 10% dari volume transaksi normal di hari biasa 503.300.


Diperkirakan, pada hari ini, Minggu (31/3/2013), volume kendaraan di ruas Cipularang, dan Jakarta Cikampek mengalami puncak kepadatan, pasalnya arus balik akan terjadi. Sementara ruas-ruas tol di wilayah Jakarta akan kembali normal pada esok hari.


Dari pengamatan detikFinance di ruas jalan tol Cipularang, kendaraan mulai mengular mulai pintu tol Pasteur, Bandung menuju Jakarta. Tak terjadi kemacetan yang begitu parah. Kendaraan melaju dengan kecepatan sedang.


(zul/dru)