Jokowi: Proyek MRT Minggu Ini Jadi Diluncurkan!

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Jokowi memastikan akan memulai meluncurkan proyek MRT Jakarta yang seharusnya sudah dimulai tahun lalu. Namun Jokowi tak merinci apakah peluncuran proyek itu sebagai dimulainya konstruksi proyek atau seremoni saja.

"Minggu ini jadi, launching. Pokoknya argonya harus segera jalan," kata Jokowi di Balaikota, Jakarta, Selasa (30/4/2013)


Jokowi juga belum memastikan kapan peluncuran proyek senilai belasan triliun rupiah tersebut. Sebelumnya ia telah menyampaikan para pemenang tender akan diumumkan pekan lalu.


"Cari hari baik, jam baik, menit yang baik dan detik yang baik," katanya.


Seperti diketahui pengumuman nama perusahaan pemenang tender MRT sempat tertunda sejak November 2012 lalu. Sebelumnya Sebanyak 5 BUMN karya bersaing mengikuti tender pembuatan terowongan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta. Lima BUMN itu antara lain PT Wijaya Karya (Wika) Tbk, PT Adhi Karya Tbk, PT Waskita Karya, PT Hutama Karya (HK) dan PT PP.


Berikut ini konsorsium yang sempat lolos prakualifikasi konstruksi segmen bawah tanah (terowongan MRT) proyek antara lain:


1. Kajima - Waskita Joint Operation


2. Obayashi - Shimizu - Jaya Konstruksi - Wijaya Karya


3. SMCC (Sumitomo) - HK Joint Operation


4. Taisei - PP Joint Operation


5. Tokyu - Adhi Joint Operation


Pada era kepemimpinan Fauzi Bowo, sempat disebut-sebut ada nama perusahaan nominasi pengerjaan proyek jalur bawah tanah yaitu Obayashi bersama Wijaya Karya (Wika) dan Sumitomo bersama Hutama Karya (HK). MRT Jakarta akan dibangun 2 tahap yakni tahap I untuk rute Lebak Bulus-Bundaran HI, dan tahap II untuk rute Bundaran HI-Kampung Bandan.


(hen/dnl)