Kadin Harus Jalan Walaupun Oesman Sapta Odang Lengser

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia yang dipimpin oleh Suryo Bambang Sulisto alias SBS mencabut keanggotaan Oesman Sapta Odang dari Kadin Indonesia. Oesman kini tak lagi menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Indonesia.

Wakil Ketua Umum Pengawasan Produk Kadin Indonesia Satria Hamid menilai lengsernya Oesman menjadi pelajaran agar Kadin Indonesia tetap maju dan bersatu.


"Jadi harus berjalan terus dan asosiasi itu membutuhkan satu wadah sehingga Kadin harus tetap kompak dan Kadin harus tetap maju," ungkap Satria saat ditemui di gerai Carrefour Kota Kasablanka Jakarta, Rabu (1/5/2013).


Seperti diketauhi, pemecatan tersebut dikarenakan Oesman terlibat sebagai penggagas Munaslub di Pontianak. Pada kesempatan yang sama, Kadin Indonesia juga telah mencabut keanggotaan 9 Ketua Kadin Daerah yang terlibat dalam Munaslub Pontianak yang bukan bagian dari kegiatan resmi Kadin Indonesia.


Terkait adanya Munaslub Pontianak yang merujuk pada dualisme kepengurusan Kadin, Satria mengungkapkan kejadian itu sudah menjadi hal yang biasa di dalam struktur organisasi.


"Yang jelas, Kadin itu harus tetap bersatu. Kalau ada yang teriak-teriak itu adalah perkembangan dari organisasi," katanya.


(wij/dru)