SBY dan Para Menteri Rapat Tertutup Bahas BBM Subsidi

Jakarta - Hari ini Presiden SBY melakukan rapat tertutup di istana dengan beberapa menterinya untuk membahas soal kebijakan yang akan diambil terkait harga BBM subsidi.

Menteri ESDM Jero Wacik sebelum rapat menyatakan, akan ada pematangan soal kebijakan yang akan diambil terkait harga BBM subsidi.


Awalnya, pemerintah akan memberlakukan dua harga bensin premium. Harga premium Rp 6.500/liter untuk mobil pribadi, dan Rp 4.500/liter untuk motor dan angkutan umum. Tapi kebijakan ini dinilai tak praktis dan masyarakat keberatan.


Akhirnya pemerintah pun berubah pikiran untuk menaikkan seluruh harga BBM subsidi, tanpa ada perbedaan antara mobil pribadi dengan motor dan angkutan umum karena masyarakat keberatan soal kebijakan dua harga tersebut.


"Banyak sekali masukan dari masyarakat, dari DPR juga, dari daerah-daerah juga bahwa sebetulnya masyarakat sudah siaplah sebetulnya untuk dinaikkan, untuk penyesuaian harga ini. Tetapi masalah 2 harga ini yang masyarakat kayaknya kok keberatan mereka. Diperkirakan lebih sulitlah. Itu dari DPR juga suaranya seperti itu, dari msyarakat juga. Ada harappan untuk biar 1 harga saja, lebih praktis dan rakyat siap kok. Rakyat sudah mengerti," papar Jero sebelum rapat di Istana Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2013).


Tampak yang hadir dalam rapat tertutup tersebut antaralain Menko Perekonomian sekaligus Plt Menteri Keuangan Hatta Rajasa, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Jero Wacik.


Lalu apa kebijakan yang akan diambil pemerintah?


(dnl/hen)