Wamendag Jamin Daging Impor yang Dijual Bulog Halal

Jakarta - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krisnamurthi menjamin daging beku impor asal Australia yang dijual oleh Perum Bulog adalah halal. Rencananya sampai akhir bulan ini Bulog akan mendatangkan 3.000 ton daging sapi impor dalam rangka operasi pasar stabilisasi harga.

"Kalau kita impor daging sapi beku dari Australia saya jamin dan saya yakin itu halal," ungkap Bayu saat ditemui usai operasi pasar murah di Gedung PMB Kementerian Perdagangan Ciracas Jakarta, Selasa (23/7/2013).


Dikatakan Bayu, Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Australia sudah memenuhi prosedur pemotongan sapi yang sesuai dengan prinsip syariat Islam. "RPH Australia tahu betul bagaimana tingkat sensitif masyarakat kita pada produk halal," tambah Bayu.


Mengenai penolakan daging sapi beku milik Bulog oleh para pedagang daging sapi di Pasar Senen Jakarta Pusat, Bayu menjelaskan bukan disebabkan oleh faktor halal atau tidak. Namun lebih disebabkan karena faktor selera.


"Kalau itu dipermasalahkan saya rasa bukan karena itu (halal atau tidak). Dagingnya impor itu kan keras ya dan memang beku. Sedangkan warnanya merah sekali, kalau kita senang melihat warna yang segar dan itu selera aja. Kalau mereka nggak mau beli ya nggak apa-apalah. Kalau pasar basah nggak mau, kita bisa penuhi pasar-pasar yang lain," jelas Bayu.


(wij/hen)