Isu Subsidi Pertanian di Pertemuan WTO Bali Masih Terganjal India

Nusa Dua -Agenda penyelesaian paket kebijakan Bali khususnya sektor pertanian di dalam Konferensi Tingkat Menteri (KTM) World Trade Organizationa (WTO) IX di Nusa Dua, Bali masih menemui hambatan termasuk soal subsidi pertanian.

Ada 3 paket yang masuk ke dalam agenda sektor pertanian yaitu Tariff Rate Quota (TRQ) jenis fasilitas perdagangan yang digunakan untuk melindungi produk komoditi domestik atas produk impor.


Lalu ada masalah Stock Holding For Food Security yaitu pembelian stok pangan oleh pemerintah untuk ketahanan pangan yang dilakukan secara transparan dan sejalan dengan tujuan atau pedoman secara terbuka. Terakhir soal Export Competition atau produk ekspor pertanian dibebaskan dari kandungan subsidi ekspor.


Khusus untuk TRQ dan Stock Holding For Food Security tidak mengalami banyak kendala. Sedangkan perdebatan alot masih terjadi di export competition, India mengajukan aspirasi penambahan subsidi pertanian dari 10% menjadi 15% dari total produksi nasional negara berkembang. Ini yang belum disetujui oleh negara maju seperti Amerika Serikat (AS).


Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan menyatakan negara maju sudah menunjukan ketertarikan untuk memberikan tambahan subsidi pertanian bagi negara berkembang dan mengurangi subsidi pertanian negara maju.


Hanya saja yang menjadi masalah sekarang adalah sikap negara India yang menginginkan durasi tak terbatas saat pemberlakuan penambahan subsidi pertanian itu disetujui. Amerika Serikat menginginkan, tambahan subsidi hanya bisa diberikan selama 4 tahun saja.


"Ini tinggal masalah durasi di interim saja. Kalau itu bisa diselesaikan tentunya hal-hal yang terkait dengan sesi 1 di trade facilitation (TF) itu manageable karena ternyata ada link-nya antara TF session 1 dengan paket pertanian/ketahanan pangan," kata Gita saat ditemui di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Selasa (3/12/2013).Next


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!