Kementerian ESDM: 77% BBM Subsidi Dinikmati Orang Tak Berhak

Jakarta -Tahun ini dana subsidi BBM mencapai Rp 200 triliun. Dari jumlah itu, 77% tidak dinikmati oleh orang yang berhak, alias tidak tepat sasaran.

"Sebanyak 77% subsidi BBM masih dinikmati oleh yang bukan haknya, tidak tepat sasaran karena lebih banyak dinikmati oleh orang mampu," tegas Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana dalam acara Seminar Konservasi Energi Nasional, di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (3/12/2013).


Rida mengungkapkan, harusnya subsidi tersebut lebih banyak dinikmati oleh orang miskin dan orang-orang yang dihidup di pelosok daerah.


"Subsidi itu kan hakekatnya bantuan dari negara untuk rakyat miskin, subsidi BBM itu tidak dinikmati rakyat kita di pelosok, jangankan punya kendaraan, saudara kita di pelosok sana naik mobil pun belum pernah, harusnya subsidi itu dinikmati mereka, subsidi itu harusnya ke sana," ungkapnya.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!