Kalimantan Sudah Punya Tol Pertama, Ini Penampakannya

Balikpapan -Perlahan tapi pasti, kini Pulau Kalimantan sudah punya infrastruktur jalan bebas hambatan (tol). Jaringan tol dari Balikpapan-Samarinda merupakan tol pertama di Kalimantan, kini sebagian sudah selesai sepanjang 36 km untuk seksi 1 dan 5 dari total 99,2 Km.

Hari ini, dimulai pembangunan lanjutan untuk seksi 2 Tol Balikpapan-Samarinda yang diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung.


Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak mengatakan total ruas jalan yang dibangun yaitu 24,5 km untuk seksi 1 dan 11,5 km di seksi 5.


"Awalnya banyak yang meragukan bahwa proyek ini tidak feasible tidak layak dibiayai karena tidak ekonomis. Tapi kita buktikan dengan 36 kilometer," kata Awang di Km 13 Tol Balikpapan-Samarinda, di Balikpapan, Selasa (16/9/2014).


Lokasi jalan tol Seksi 1 dibangun dari Kelurahan Karang Joang di Balikpapan. Sedangkan untuk seksi 5 dibangun di Kota Samarinda, Kaltim.


"Nanti yang bagian tengahnya akan ditawarkan ke swasta, kita lelang. Sudah ada yang menyatakan minat ada dari Jasa Marga, investor asing," katanya.


Awang mengatakan Pemda Kaltim sudah melakukan 100% pembebasan lahan sehingga investor yang akan bergabung tidak lagi disulitkan dengan permasalahan pembebasan lahan.


"Prediksi kita pengerjaan fisik sekitar 5 tahun. Saat ini kita sedang proses lelang. Arahan Pak CT (Chairul Tanjung) supaya ini dibuat lelang terbuka supaya kita dapat yang terbaik. Kalau sudah jadi, bisa menghemat waktu tempuh dari Balikpapan ke Samarinda lebih cepat 1 jam," katanya.


(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!