Tabrakan Pesawat, Risiko Terburuk Rencana Proyek Bandara Ali Sadikin di DKI

Jakarta -Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sedang mempelajari pembangunan sebuah bandara baru yang dinamakan Bandara Ali Sadikin di Marunda, Jakarta Utara. Menurut rencana, bandara ini akan dibangun di atas proyek reklamasi tanggul laut raksasa di Teluk Jakarta.

Asisten Pembangunan Pemprov DKI Jakarta Wiriyatmoko mengungkapkan, ada beberapa pertimbangan yang sedang dikaji antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat khususnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebelum bandara ini benar-benar dibangun.


Masalah utama yang dikaji soal keamanan khususnya soal risiko tabrakan pesawat di udara, karena lokasi bandara baru yang berdekatan dengan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.


"Untuk membangun bandara ini perlu kajian matang agar bandara ini tidak terlalu dekat dengan Bandara Soekarno-Hatta di Cengkareng. Harus ada safety flight zone. Jadi kawasan keselamatan 1,2,3 agar tidak terjadi overlap (tumpang tindih). Kalau di Cengkareng padat, pesawat muter-muter di udara nanti yang takut terjadi overlap," kata Wiriyatmoko kepada detikFinance, Senin (15/09/2014).


Ia mengungkapkan, rencana lokasi dibangunnya bandara baru adalah di atas proyek reklamasi laut, Marunda, Jakarta Utara. "Lokasinya di reklamasi laut," imbuhnya.


Wiriyatmoko juga belum berani mengungkapkan fungsi bandara ini apakah akan dijadikan bandara komersial seperti Bandara Soekarno-Hatta atau private owned, atau hanya untuk penerbangan maskapai tertentu saja.


"Kalau untuk itu tanya pak Wagub (Ahok)," katanya.Next


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!