Manfaatkan Krisis Utang, Investor China Ingin Beli Hotel dan Pulau di Yunani

Beijing - Krisis utang yang menimpa membuat harga properti di Yunani jatuh dan murah. Ini menarik perhatian investor-investor asal China untuk membeli properti murah di negeri para dewa tersebut.

"Beberapa pengusaha China telah memperlihatkan ketertarikannya untuk membeli properti di Yunani. Ada yang ingin membeli hotel, bahkan hingga membeli pulau-pulau di Yunani," ujar Walikota Athena Georgios Kaminis dikutip dari Chinadaily, Senin (1/4/2013).


Properti di Yunani, khususnya apartemen, 80% dimiliki oleh orang-orang kaya di Yunan. Tapi sayang harganya jatuh 28% dari harga puncak di 2008.


"Harga properti di Yunani saat ini berada di lecel terbawah. Saat ini adalah waktu tepat untuk berinvestasi," ujar Kamis.


Kaminis bahkan telah mengirim delegasi bisnis ke Beijing untuk mempromosikan investasi properti, agrikultur, dan pariwisata. Menurut Kaminis, sektor agrikultur jadi sektor utama ekspor Yunani ke China.


Beberapa perusahaan China saat ini juga sudah mendekati perusahaan-perusahaan Yunani untuk membeli produk-produk pertanian YUnani. Beijing Grain Group adalah salah satu perusahaan yang menjajaki untuk membeli minyak zaitun dari Yunani.


Kemudian industri anggur Yunani juga ingin menarik investor dari China, karena selama ini China menjadi pasar utama minuman anggur asal Yunani.


Untuk sektor pariwisata juga cukup menggiurkan. sebanyak 2,5 juta turis asal China mengunjungi Eropa setiaptahun, dan 50 ribu mengunjungi Yunani.


(dnl/ang)