Biaya Spanduk Rp 10 Miliar Terbuang Gara-gara Opsi BBM Dua Harga Batal

Jakarta - PT Pertamina (Persero) telah menghabiskan anggaran kurang lebih Rp 10 miliar untuk biaya pembuatan spanduk kebijakan dua harga BBM premium. Kini, dalam hitungan hari kebijakan tersebut berubah sehingga spanduk-spanduk itu tak bisa digunakan.

Pemerintah sejak awal bulan lalu meminta PT Pertamina menyiapakan segala infrasturkur untuk menerapkan kebijakan dua harga BBM subsidi. Setidaknya anggaran jutaan rupiah dihabiskan untuk setiap SPBU. Total SPBU Pertamina saat ini tercatat sebanyak 5.027 unit SPBU.


"Kami sudah siap, 26 April lalu seluruh SPBU di Indonesia sudah siap semua tinggal menunggu pemerintah ya atau tidak," ucap Vice President Feul Marketing Pertamina, Iskandar ketika dihubungi, Senin (29/4/2013).


Dana yang dihabiskan untuk menyiapkan segala infrastruktur per 1 SPBU mencapai Rp 2 juta.


"Kita siapkan spanduk, penutup toner dan sebagainya agar masyarakat bisa membedakan jenis SPBU yang menjual BBM subsidi, kita juga sudah siapkan buku petunjuk buat petugas SPBU ya kita-kira hampir Rp 2 juta per SPBU," ungkapnya.


Menurut Iskandar spanduk dan perlangkapan lainnya sudah dikirim ke seluruh SPBU Pertamina yang berjumlah 5.027, saat ini masih disimpan. Berdasarkan hitungan detikFinance, jika Rp 2 juta per SPBU dikalikan jumlah SPBU di seluruh Indonesia 5.027 SPBU = Rp 10 Miliar lebih terbuang percuma.


(rrd/hen)