SBY Tak Umumkan Angka Kenaikan Harga BBM Subsidi Hari Ini

Jakarta - Meskipun memastikan akan ada kenaikan harga BBM subsidi tahun ini, namun Presiden SBY belum mengumumkan angka besaran kenaikan harga BBM subsidi hari ini. Kenapa?

"Tadi malam hingga hari ini kabar beredar, saya akan mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi di sini. Saya ingin katakan, harga BBM naik bila dana kompensasi siap. Saya ingin begitu harga naik, dana kompensasi langsung disalurkan," ujar SBY saat membuka Musrenbangnas di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (30/4/2013).


Dikatakan SBY, pemerintah telah mempersiapkan rencana untuk mengajukan dana kompensasi kenaikan harga BBM subsidi kepada DPR lewat APBN perubahan (APBN-P) 2013.


"Kami ingin APBN-P dipercepat. Saya berharap setelah pimpinan DPR kembali ke tanah air, akan segera ada pembicaraan," ujar SBY.


Kenaikan harga BBM subsidi ini, ujar SBY, akan menyebabkan inflasi. Karena itu pemerintah harus membantu dan melindungi orang tidak mampu atau miskin sehingga bisa mencukupi keperluan sehari-hari.


"Tugas kita bukan hanya menghitung dan mengambil keputusan BBM dinaikkan. Jika BBM naik, maka saudara-saudara kita yang miskin harus dilindungi jika terjadi inflasi. Kita bisa beri beasiswa, kita bisa beri raskin, program keluarga harapan (PKH). Besarnya bantuan tergantung kenaikan harga BBM," tutur SBY.


(dnl/hen)