Emas Batangan Rp 10 Miliar di Toilet Pesawat

Kolkata -Pekerja pembersih sebuah pesawat komersial di timur India menemukan 24 emas batangan dengan nilai lebih dari US$ 1 juta atau Rp 10 miliar. Emas ini ditemukan di toilet pesawat.

India merupakan rival ketat China sebagai konsumen emas terbesar di dunia. Penyelundupan emas di India meningkat, setelah pemerintah negeri hindustan ini menaikkan pajak impor emas 3 kali lipat. Tujuannya untuk menekan defisit perdagangan akibat tingginya impor emas.


Adapun emas tersebut ditemukan di toilet pesawat milik Jet Airways, yang tengah dibersihkan di bandara Kolkata kemarin, setelah penerbangan dari Patna. Pesawat ini sebelumnya juga dipakai untuk penerbangan internasional.


"Petugas pembersih di bandara melakukan tugas rutinnya, dan menemukan 2 tas di toilet pesawat," kata Direktur Bandara BP Mishra dikutip dari AFP, Rabu (20/11/2013).


Tidak ada yang mengaku soal kepemilikan emas yang total beratnya 1 kg itu. Petugas Bea CUkai setempat mengestimasikan nilai emas itu adalah US$ 1,1 juta atau Rp 11 miliar.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!