Ridwan Kamil Gandeng Jokowi-Ahok Kembangkan Kota Bandung

Jakarta -Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menggandeng Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk pengembangan dan tata kota. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung telah berkoordinasi dengan Pemprov DKI untuk kampanye penggunaan transportasi kereta bagi masyarakat Jakarta yang mau berlibur ke Bandung.

"Setiap weekend kami (warga Bandung) stres. Maka tadi malam saya ketemu Pak Ahok. Saya jelaskan Pak Ahok bagaimana kalau kalau ke Bandung, masyarakat Jakarta naik kereta saja jangan naik mobil. Karena kota Bandung, kita katempuhan (kebagian) yang sebagian besar datang dari Jakarta," ucap pria yang akrab disapa Emil itu di acara Lokakarya Pengembangan Transportasi Perkotaan di Kantor Pusat Bappenas Jakarta, Rabu (20/11/2013).


Diakuinya, infrastruktur jalan hingga transportasi publik di Bandung sangat tertinggal sehingga tidak mampu menampung lonjakan kendaraan.


"Sementara infrastruktur kita masih infrastruktur 10 tahun lalu," jelasnya.


Selain bidang transportasi, Pemkot Bandung juga telah berkomunikasi dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk pembagian area bisnis. Bandung bakal difokuskan untuk sentra ekonomi kreatif dan wisata serta Jakarta sebagai kota korporasi.


"Ke depan bandung punya dua identitas. Sebagai kota wisata internasional, kedua kota ekonomi kreatif. Saya sudah bilang ke Pak Jokowi. Jakarta jadi kota korporasi saja. Bandung dapurnya, untuk ekonomi Menengah dan UKM," sebutnya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!