Tiap Tahun Australia Beri Hibah Rp 5 T ke Indonesia

Jakarta -Hubungan diplomatik antara Australia dan Indonesia saat ini tengah memanas, terkait dengan penyadapan terhadap pejabat Indonesia termasuk Presiden SBY. Fakta menarik, Australia setiap tahun memberikan hibah AUD 500 juta atau Rp 5 triliun lebih ke Indonesia.

"Tiap tahun di atas AUD 500 juta. Semua hibah," ucap Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana di kantornya, Jakarta, Rabu (20/11/2013).


Menurut Armida, kerjasama yang telah terjalin sejak lama ini, bahkan telah terangkum dalam kerangka kerjasama. "Itu kan semua kerjasama pembangunan apa multilateral atau bilateral termasuk Australia sudah ada kerangka kerjasamanya, termasuk pembangunan," sebutnya.


Terkait insiden penyadapan yang dilakukan Australia terhadap pejabat Indonesia, Armida belum melihat ada pengaruh terhadap kerjasama pembangunan yang selama ini telah terjalin.


"Kalau kami posisinya ikut presiden. Sementara yang eksisting, yang pasti kita tidak bicara lebih jauh. Karena dari sisi pemerintah Indonesia tunggu pemerintah akan datang," jelasnya.


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!