Cadangan Minyak Dunia Habis 53 Tahun Lagi

Jakarta -Terus meningkatnya kebutuhan minyak bumi salah satunya untuk bahan bakar kendaraan, membuat stok minyak makin berkurang. Saat ini cadangan minyak di dunia tersisa hanya sampai 53 tahun lagi.

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional Hadi Purnomo mengatakan, cadangan energi fosil dunia saat ini makin menipis, salah satunya minyak bumi yang saat ini hanya cukup sampai 53 tahun lagi.


"Minyak bumi akan habis dalam waktu 53 tahun lagi, itu merupakan seluruh cadangan minyak yang ada di dunia saat ini," ungkap Hadi dalam Seminar Konservasi Energi Nasional, di Balai Kartini, Jakarta, Selasa (3/12/2013).


Jumlah tersebut dihitung berdasarkan total seluruh cadangan minyak di dunia pada 2012, yaitu di bawah 200.000 juta ton.


Hadi menambahkan, untuk cadangan batubara di dunia saat ini hanya cukup sampai 109 tahun lagi, dan gas bumi hanya cukup sampai 55 tahun lagi.


"Dengan cadangan yang ada dan tingkat produksi seperti pada 2012, maka batubara dunia akan habis dalam waktu 109 tahun lagi, dan gas bumi akan habis dalam waktu 55 tahun lagi. Namun kalau kita mengembangkan dan memanfaatkan energi matahari untuk memasok kebutuhan energi, diperkirakan renewable energy dari matahari akan bersinar sampai dengan 5 miliar tahun lagi," ungkap Hadi.


Hadi menambahkan, apalagi kebutuhan energi di dunia terus meningkat tajam tiap tahunnya dibarengi dengan tumbuhnya ekonomi dunia.


"Pertumbuhan ekonomi dunia diproyeksikan sebesar 3,25% pada 2013 dan 4% pada 2014, didimonasi oleh China dan India yaitu sekitar 8,2% dan 6,2%. Hal itu tentunya diikuti dengan kebutuhan energi dunia yang diperkirakan meningkat sebesar 40% dari tahun 2009 ke tahun 2035 atau tumbuh sekitar 1,5% per tahun," tutup Hadi.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!