Di Tangan Orang Kreatif, Sampah Juga Bisa Jadi Uang

Jakarta -Di tangan orang-orang kreatif, sampah bisa menjadi barang berguna dan memiliki nilai komersial. Misalnya Haerani Erlina Farida, seorang wanita yang mengolah gulungan-gulungan koran yang tidak terpakai menjadi produk unik dan berharga.

Ia membuat kerajinan tangan unik terbuat dari limbah koran. Kisah awal usahanya dari niat memanfaatkan sampah koran tak terpakai, berbekal ilmu membuat kerajinan semasa sekolah dulu, Ranny kini bisa meraup jutaan rupiah per bulan hanya dari koran bekas.


"Saya memanfaatkan limbah agar ada nilai tambah. Terutama untuk go green. Saya lihat koran daripada dikilo-in, lebih baik dipakai kerajinan," kata Ranny kepada detikFinance di IKM Expo 2013 di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (3/12/2013).


Ranny memulai usahanya sejak tahun 2011 dan kini telah memiliki 8 tenaga ahli dan sekitar 30 pekerja serabutan. Pasar dari produk yang disebut Ranny Kreasi ini tak hanya dipasarkan di Indonesia.


Ranny mendapatkan pesanan rutin tahunan dari kantor Kedutaan Indonesia di Arab Saudi untuk produk cenderamata. Meski jumlahnya tak begitu besar, baginya itu cukup untuk mengenalkan produk karya Indonesia di mata internasional.


"Saya juga pernah ikut pameran di Bangkok Oktober 2011, dan pembelinya cukup banyak," jelasnya.


Dari usahanya ini, Ranny mengaku mendapatkan omzet tak menentu, rata-rata tak kurang dari Rp 2 juta/bulan. Tak banyak memang, namun bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat luas tentang pentingnya menjaga lingkungan dan menjadikan sesuatu yang tak bernilai menjadi sesuatu yang memiliki nilai tambah.Next


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!