Masih Krisis, Portugal Jual Salah Satu BUMN Senilai Rp 7,8 Triliun

Lisbon -Pemerintah Portugal akan meraup dana sekitar 580 juta euro (Rp 7,88 triliun) dari penjualan 70% saham perusahaan pos milik negara, CTT. Sahamnya dihargai 5,52 euro per lembar.

Seperti dikutip dari AFP, Rabu (4/12/2013), harga tersebut merupakan batas atas dari perkiraan sebelumnya setelah pemerintah sepakat menjual dan menarik seluruh saham CTT dari Bursa Saham Lisbon.


Perusahaan dengan 13.000 karyawan itu diperkirakan bernilai lebih dari 600 juta euro berdasarkan salah satu surat kabar setempat, tapi dengan melihat harga sahamnya saat penjualan maka valuasinya menjadi 828 juta euro.


Pemerinta Portugal akan tetap pegang 30% saham CTT. Sebanyak 20% jadi jatah pembelian untuk para karyawannya, sedangkan 50% sisanya akan dilepas ke investor institusi.


Penjualan saham ini akan dimulai Kamis waktu setempat. Rencana privatisasi perusahaan pos milik negara ini seusai dengan syarat bailout senilai 78 miliar euro yang diberikan oleh Uni Eropa dan IMF pada Mei 2011 lalu.


CTT dinilai sebagai aset negara Portugal yang paling menarik untuk diprivatisasi. CTT membukukan laba 45,2 juta euro dalam sembilan bulan pertama 2013, naik 28% dari periode yang sama tahun sebelumnya.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!