Tak Mau Dividen BUMN Disetor ke APBN, Dahlan Minta Bantuan KEN

Jakarta -Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta bantuan Komite Ekonomi Nasional (KEN) supaya setoran dividen perusahaan pelat merah tak masuk ke kas negara.

Hal ini disampaikan Dahlan pada acara KEN tentang prospek ekonomi Indonesia 2014 yang dihadiri pengusaha, akademisi, petinggi pemerintahan dan direksi BUMN di Hotel Sultan Jakarta, Selasa (3/12/2013).


"Saya berharap bantuan KEN. Prinsip BUMN ini bayar dividen Rp 30-35 triliun. Saya sudah perjuangkan daripada Rp 30 triliun disetorkan ke kas negara, ini akan jadi proyek baru (BUMN)," kata Dahlan.


Menurutnya setoran dividen sebesar Rp 30 triliun lebih, bisa dimanfaatkan untuk membangun dan membiayai proyek-proyek infrastruktur strategis. Sehingga tidak membebani keuangan negara. Seperti rencana membangun tol di pesisir laut Jakarta-Surabaya yang dikerjakan dan dibiayai BUMN.


"Kalau ini ditahan di BUMN bisa di-leverage Rp 100 triliun. Kita kerjakan proyek Rp 100 triliun. Wong uang-uang sendiri," jelasnya.


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!