Woori Korindo Securities: IHSG Dipengaruhi Sentimen Negatif Bursa Global

Jakarta -Pada penutupan Selasa (3/12/2013) IHSG berakhir dengan koreksi cukup dalam -0.77% di 4,288.764 dan utamanya dipengaruhi oleh pergerakan negatif saham index mover berikut: TLKM, BBCA, UNVR, PGAS, dan AUTO. Reli singkat IHSG pada hari sebelumnya (Senin), lebih merupakan kenaikan sesaat akibat dukungan data inflasi positif, namun belum mampu menopang reli indeks lebih lanjut akibat minimnya sentimen lain.

Pada hari Rabu (4/12/2013), kami memperkirakan IHSG masih akan dipengaruhi oleh sentimen negatif penutupan bursa global serta wacana tapering the Fed yang kembali menghangat.


Kami masih mempertahankan posisi support di 4,225 dan level resistance di 4,358 bagi pergerakan IHSG hari ini. Meski demikian, masih terdapat peluang IHSG untuk rebound apabila IHSG mampu menembus batas resistance yang menandakan pergerakan sideways sejak akhir November, setelah koreksi dalam yang melambat sejak akhir Oktober 2013.


Indeks saham utama AS ditutup di posisi negatif pada hari Selasa (3/12). Dow Jones terkoreksi -0.59% ke 15,914.62, S&P 500 turun -0.32% ke 1,795.12, sedangkan Nasdaq melemah -0.20% ke 4,037.20.


Penurunan indeks AS diperkirakan disebabkan oleh aksi ambil untung dari posisi all-time high indeks sebelumnya serta antisipasi investor perihal kapan tapering stimulus moneter oleh the Fed, pasar masih waspada terkait perilisan data-data makroekonomi penting di minggu ini.


Indeks saham Eropa turut berakhir dengan tingkat koreksi dalam pada Selasa (3/12). Sentimen negatif datang dari perilisan data PPI Zona Eropa bulan November yang menunjukkan penurunan -0.5% dari 0.2% di bulan sebelumnya.


Selain itu sama seperti dengan pasar AS, investor kembali dipengaruhi oleh isu tapering the Fed yang kembali mencuat, menyebabkan investor keluar dari pasar dan mempertanyakan kapan tapering tersebut dilaksanakan.


(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!