Makin Banyak Wisatawan Muslim, Bisnis Hotel Syariah Diprediksi Cerah

Jakarta -Pertumbuhan wisatawan ke Indonesia sangat tinggi. Bisnis hotel pun menjadi menggiurkan. Tak hanya hotel konvensional, para wisatawan lokal atau mancanegara itu pun menginap di hotel syariah. Melihat tren ini, diperkirakan bisnis hotel syariah ini akan moncer.

Pemilik sekaligus Komisaris Utama Hotel Sofyan, Riyanto Sofyan mengatakan, Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim tertinggi di dunia.


Secara global, penduduk muslim mencapai 1,6 miliar jiwa atau sekitar 23% dari total populasi di seluruh dunia yang pertumbuhannya mencapai 2 kali dari pertumbuhan populasi dunia. Angka ini bisa menjadi pasar empuk bagi pebisnis syariah.


"Kita populasi muslim terbesar. Dengan kesadaran meningkat makin meningkat juga kebutuhan di bisnis syariah," ujar Riyanto saat bincang-bincangnya bersama detikFinance di Hotel Sofyan Betawi, Menteng, Jakarta Pusat, pekan lalu.


Bicara Besarnya nilai ekonominya yang paling penting yang 57 negara yang mayoritas muslim itu menguasai 60 persen sumber daya alam, bukan hanya orangnya banyak tapi daya belinya juga banyak," imbuhnya.


Sejak awal tahun 2000-an, tren wisatawan sudah mulai mengarah ke muslim travellers karena muslim traveller di Indonesia memiliki pengeluaran terbesar di dunia. Pada tahun 2013, angkanya mencapai US$ 137 miliar, sementara di Amerika Serikat (AS) hanya mencapai US$ 122 miliar, dan China hanya US$ 89 miliar," ungkap Riyanto.


"Jadi Indonesia paling besar jadi paling besar. Bisa dibayangkan," imbuhnya.


Terkait hal itu, Riyanto mengatakan, ada peluang besar bagi pebisnis untuk menggarap proyek-proyek berkonsep syariah, termasuk hotel syariah. Tak hanya soal bisnis, hal ini menjadi salah satu peluang dalam menjadikan Indonesia sebagai basis syariah di dunia.


"Kita berinovasi terus untuk bisa menjadikan halal lifestyle disukai semua. Karena ini gaya hidup yang sehat. Tren di dunia orang sudah mulai ke arah family life. Hidup sehat pakai makanan organik, hiburan yang bermanfaat, mencerdaskan, hiburan yang menyegarkan jiwa," pungkasnya.


(drk/zul)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!