Trust Securities: IHSG Bergerak di 4.680-4.689

Jakarta -Meski secara teknikal memberikan sedikit indikasi maupun peluang akan keberlanjutan kenaikan namun, laju IHSG terhalangi oleh sentimen yang ada. Di sisi lain, meski dari dalam negeri tidak ada hal yang negatif dan bahkan terdapat sentimen positif dari masih menguatnya nilai tukar Rupiah, tampaknya belum membuat IHSG berbalik arah. Serangan aksi jual terjadi setelah pelaku pasar terimbas pelemahan sejumlah bursa saham Asia yang merespon pelemahan bursa saham AS karena indeks manufakturnya turut menurun seperti halnya yang terjadi pada China dan Zona Euro. Sempat di bawa turun menjauhi level 4700, IHSG akhirnya dapat kembali terangkat ke level tersebut setelah sektor perdagangan dan keuangan berbalik menghijau.

Sepanjang perdagangan, IHSG menyentuh level 4712,77 (level tertingginya) di awal sesi 1 dan menyentuh level 4694,25 (level terendahnya) di mid sesi 2 dan berakhir di level 4703,09. Volume perdagangan naik dan nilai total transaksi turun. Investor asing mencatatkan nett buy dengan penurunan nilai transaksi beli dan transaksi jual. Investor domestik mencatatkan nett sell.


Estimasi Pergerakan IHSG


Pada perdagangan Rabu (26/3) IHSG diperkirakan akan berada pada rentang support 4680-4689 dan resisten 4720-4722. Spinning di bawah middle bollinger band (MBB). MACD masih cenderung turun dengan histogram negatif yang memanjang. RSI, Stochastic, dan William’s %R gagal bertahan dari downtrend lanjutan. Laju IHSG berada di kisaran support 4685-4700 dan bertahan di kisaran tersebut sehingga memberikan gambaran masih adanya daya beli untuk menahan penurunan lanjutan IHSG. Aksi beli ini dapat berlanjut jika didukung penguatan kembali sejumlah bursa saham global sehingga IHSG pun tidak kembali melemah.


(dru/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!