CT Resmikan Pusat Kajian Infrastruktur UI

Jakarta -Fakultas Teknik Universitas Indonesia membentuk pusat kajian infrastruktur yang disebut Pusat Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan (Center for Sustainable Infrastructur Development-CSID). Para akademisi dan peneliti muda dari dalam negeri akan berkontribusi melakukan kajian dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

"Izinkan kami di Universitas Indonesia mencoba untuk ikut berpartisipasi membentuk center ini," kata Ketua Dewan Eksekutif CSID, Bambang Susantono, di acara peresmian CSID di Fakultas Teknik UI, Salemba, Jakarta, Selasa (9/9/2014).


Bambang, yang juga Wakil Menteri Perhubungan, mengatakan CSID akan diikuti oleh 37 peneliti senior dan 257 peneliti muda. Di lembaga ini, mereka akan turut berpartisipasi untuk melakukan penelitian infrastruktur di bidang mobilitas, energi, manajemen keuangan dan pengelolaan aset, serta pengelolaan air.


"Ini untuk menghasilkan kajian secara independen di berbagai jenis infrastruktur. Kami juga ingin memberikan panggung untuk yang muda-muda," kata Bambang.


Lembaga ini juga akan bekerjasama dengan pemerintah untuk memberikan usulan mengenai pembangunan infrastruktur di Indonesia.


Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung yang hadir untuk meresmikan lembaga ini mengatakan kendala pembangunan infrastruktur bisa dipecahkan bersama.


"Saya berharap dengan adanya center ini, hal-hal yang menjadi PR kita bersama menjadi sebuah kajian, dan disemai menjadi sebuah kebijakan. Kita lemah dalam buah pemikiran, nggak ada think tank. Sehingga kerja sama antara pemerintah dan dunia pendidikan sering belum terkoordinasi dengan baik," papar CT, sapaan Chairul Tanjung.


"Center ini bisa menjadi yang pertama sebagai think tank, penyemai pemikiran yang timbul. Lalu supporting pada dunia usaha dan pemerintah," imbuhnya.


(zul/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!