Jokowi Isi 4 Menteri Ekonomi Ini dari Kalangan Profesional

Jakarta -Presiden terpilih Joko Widodo mengumumkan sekilas postur kabinet 2014-2019. Di bidang ekonomi, pria yang akrab disapa Jokowi ini menjanjikan empat kementerian yang akan diisi oleh kalangan profesional.

"Di antaranya (Menteri) Keuangan, kemudian BUMN, kemudian Kementerian ESDM, Pertanian," ungkap Jokowi dalam jumpa pers di Rumah Tim Transisi Jokowi-JK, Senin (15/9/2014).


Jokowi memastikan, di pemerintahannya bersama Jusuf Kalla nanti akan membentuk 34 kementerian. Sebanyak 18 posisi akan diisi oleh kalangan profesional murni, sementara 16 profesional dari partai politik.


Pria yang masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ini tetap menjanjikan tiga posisi menteri koordinator, sama seperti saat ini.


Untuk wakil menteri, Jokowi menyebutkan kemungkinan hanya akan ada satu. "Wamen sementara ini, menurut penilaian, kita yang mungkin masih diperlukan adalah di Kementerian Luar Negeri," katanya.


Jokowi ingin menteri-menterinya nanti memastikan pemerintahan berjalan efektif, hadir di tengah-tengah rakyat, dan menciptakan pemerintahan yang terkonsolidasi. "Kita ingin membangun kabinet yang kuat, yang siap untuk bekerja, yang siap untuk melaksanakan program-program," tegasnya.


(hds/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!