Perusahaan Asal Jepang Ini Pembeli Bank Mutiara

Jakarta -Perusahaan asal Jepang, J Trust Co. Ltd ditetapkan sebagai pembeli tunggal PT Bank Mutiara Tbk oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). J Trust akan mengikuti tahapan selanjutnya uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

"J Trust ditetapkan sebagai kandidat untuk mengikuti fit and proper di OJK," ujar Sekretaris LPS Samsu Adi Nugroho kepada detikFinance, Minggu (14/9/2014)


Proses bersama OJK akan dilakukan dalam waktu dekat. Terdapat beberapa persayaratan dan mekanisme yang harus dilalui oleh J Trust untuk mendapatkan kepimilikan utuh dari Bank Mutiara.


"Selesainya proses akan tergantung dari fit and proper," ungkapnya.


Sehingga sampai dengan saat ini, J Trust belum dapat dikatakan sebagai pemilik Eks Bank Century tersebut. Menurut Samsu hanya pemenang seleksi pada tingkat LPS.


"J Trust pemenang untuk ikut fit and proper, karena setelah lulus fit and proper baru sah sebagai pemilik," kata Samsu.


Berdasarkan situs resminya, J Trust ditunjuk LPS sebagai pemenang tender divestasi 99,99% saham Bank Mutiara, yang dulu bernama Bank Century.


"LPS menyampaikan bahwa J Trust sebagai pemenang dan menandatangani penjualan saham bersyarat dan perjanjian jual beli dengan perusahaan yang mengatur transaksi," tulis pernyataan J Trust dalam situs resminya.


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!