Dikritik Lambat Tentukan Kenaikan BBM, SBY: Kritik Itu Bikin Sehat

Jakarta - Banyak pihak mengritik pemerintah lambat dan ragu-ragu dalam menentukan kebijakan harga BBM subsidi sehingga anggaran subsidi terus melonjak. Apa jawaban Presiden SBY?

Selaku kepala pemerintahan, SBY mengatakan dirinya terus konsisten soal kebijakan harga BBM subsidi.


"Ada kritik, tapi kritik bikin sehat. Namun seperti orang sakit, kritik itu obat, kalau dosisnya tepat bisa cepat sembuh. Pemerintah dibilang lambat dan ragu-ragu. Jawaban saya konsisten, silakan cek pernyataan saya," ujar SBY saat membuka Musrenbangnas di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (30/4/2013).


Dikatakan SBY, setiap pernyataannya, kenaikan harga BBM subsidi adalah jalan terakhir apabila tidak ada opsi lain, karena kenaikan harga BBM subsidi ini pasti ada dampak ke rakyat. "Ini terjadi bukan hanya di Indonesia, di negara lain pun akan terjadi. Jadi jikaada kenaikan harga BBM, dana bantuan atau kompensasi harus tersedia," kata SBY.


SBY memang mengatakan akan ada rencana kenaikan harga BBM subsidi tahun ini untuk menekan anggaran subsidi BBM yang terus membengkak dan membuat APBN menjadi tidak sehat. Namun kapan dan berapa kenaikan harga BBM subsidi ini, masih akan menunggu kepastian dana kompensasi disetujui oleh DPR.


(dnl/dru)