6 Kota Ini Jadi Prioritas Pembangunan Transportasi

Jakarta -Pemerintah terus mengupayakan percepatan pembangunan sistem angkutan umum dengan membantu pemda berupa bantuan atau fasilitas. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan prioritas kepada 6 kota besar/metropolitan.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Hatta Rajasa menyebut, 6 kota besar yang menjadi prioritas mencakup Jabodetabek, Bandung Raya, Mebidangro, Gerbang Kartasuila, Sarbagita, dan Mamminasata.


"Presiden sudah memebrikan prioritas fase pertama, ada 6 kawasan," kata Hatta pada Rapat Paripurna bersama DPD RI, di Gedung DPD RI, Senayan, Jakarta, Selasa (19/11/2013).


Pertama, adalah untuk cakupan metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Bantuan dan fasilitas yang diberikan pemerintah pusat antara lain pemberian hibah kepada Pemda DKI Jakar ta senilai 49% dari total pinjaman untuk pembangunan MRT Jakarta Koridor Utara Selatan Tahap 1, pemberian bantuan studi DED (Detail Engineering Design) untuk persiapan Pembangunan MRT Koridor Utara Selatan Tahap 2, memfasilitasi pembangunan monorel, mendorong percepatan armada dan sterilisasi jalur busway TrransJakarta, dan bantuan lain yang totalnya berjumlah 8 poin.


"Juga mendukung dan memfasilitasi pembangunan 6 ruas jalan tol dan percepatan penyelesaian jalan tol lingkar luar I dan II," kata Hatta.


Kedua, bantuan fasilitas dierikan kepada kawasan Metropolitan Bandung Raya yang mencakup: pembangunan Bandung Intra Urban Toll Road, pembangunan Jalan Tol Soreang Koja, Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, pembangunan jalur ganda dan elektrifikasi Padalarang-Cimahi-Bandung-Cicalengka, dan lainnya yang berjumlah 6 poin.


Ketiga, adalah bantuan dan fasilitas untuk Metropolitan Mebidangro (Medan, Binjai, Dali Serdang, dan Karo) yang mencakup pembangunan MRT di Mebidangro dilaksnaka dengan koridor 9 BRT, pembangunan kereta api komuter, pengembangan transfer point angkutan pemadu moda dan lainnya yang berjumlah 5 poin.Next


(zul/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!