Ini Jadwal Hari Pertama PM Rutte di Indonesia

Den Haag -Kegiatan kunjungan resmi PM Belanda Mark Rutte dan rombongan akan dimulai pada Rabu pagi besok, antara lain pertemuan bisnis kedua pihak. Selengkapnya.

Kegiatan kunjungan resmi PM Belanda Mark Rutte dan rombongan akan dimulai dengan pertemuan bisnis di Jakarta pada Rabu (20/11/2013) pagi besok, demikian keterangan pers Rijksvoorlichtingsdienst (Dinas Penerangan Kerajaan).


PM Rutte bersama Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Belanda Lilianne Ploumen akan bergabung dalam sebuah konferensi dengan para pengusaha Belanda dan Indonesia. Pada konferensi ini penguatan kerjasama ekonomi antara kedua negara akan menjadi fokus perhatian.


Seusai acara pleno, Menteri Ploumen akan menghadiri sesi-sesi mengenai infrastruktur, kesehatan, agrofood dan perkebunan. Pada saat sama, PM Rutte akan bertemu dengan para alumni yang pernah belajar di Belanda.


Selanjutnya pada sore hari Menteri Ploumen akan mengunjungi pusat kesehatan, di mana akan dibicarakan dengan cara apa sektor Health & Life Sciences Belanda dapat membantu Indonesia dalam mewujudkan akses universal masyarakat untuk kesehatan pada 2014.


Sore atau petang itu juga direncanakan pertemuan antara PM Rutte dengan Presiden Yudhoyono dan anggota kabinetnya. Selama pertemuan, kedua Kepala Pemerintahan akan membahas hubungan diplomatik dan ekonomi kedua negara dan bagaimana mengisinya lebih lanjut.


Seusai pembicaraan, akan diluncurkan Joint Declaration on Comprehensive Partnership (Deklarasi Bersama Kemitraan Komprehensif, red) di mana kedua negara menyatakan keinginan untuk meningkatkan hubungan ke tingkat kemitraan setara.


Hari pertama kunjungan resmi PM Rutte dan rombongan ini akan ditutup dengan jamuan makan malam di Istana Kepresidenan.


(es/es)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!