Apple Beli Perusahaan Analisis Media Sosial Rp 2 Triliun

New York -Apple Inc membeli perusahaan analisis media sosial Topsy senilai lebih dari US$ 200 juta (Rp 2 triliun). Tujuan dari akuisisi perusahaan ini ada kaitannya dengan layanan musik streaming terbaru Apple.

Seperti dikutip dari AFP, Selasa (3/12/2013), kabar ini dimuat oleh harian Wall Street Journal mengutip sumber mengetahui detil transaksi tersebut.


Apple belum memberikan komentar atas kabar tersebut. Tapi salah satu juru bicaranya memberi bocoran dalam sebuah keterangan tertulis yang diterima media.


"Apple membeli perusahaan berbasis teknologi yang lebih kecil dari waktu ke waktu, dan biasanya kami tidak membahas tujuan maupun rencana dari pembelian itu," katanya.


Topsy merupakan salah satu dari banyak mitra Twitter yang punya akses ke berbagai data milik jejaring sosial paling populer di dunia tersebut.


Awal tahun ini, Topsy mengaku sudah membuat indeks guna mempermudah pencarian untuk semua postingan twitter (tweet) demi kepentingan orang marketing atau profesional lainnya. Topsy tak mau berkomentar atas berita ini.


Dalam situs resminya, Topsy menggambarkan dirinya sebagai satu-satunya perusahaan yang bisa memberikan indeks untuk media sosial yang ada di dunia. Topsy menganalisa topik, situasi atau hashtag dari berbagai media sosial untuk kepentingan kliennya.


Data yang dihasilkan dari analisa Topsy salah satunya bisa digunakan untuk kepentingan iklan di berbagai situs media sosial.


Saat ini Apple punya media sosial berbasis musik yang diberi nama Ping. Pertumbuhan Ping tidak terlalu menggembirakan dalam satu tahun terakhir ini setelah ada opsi untuk berbagi akses melalui Facebook dan Twitter.


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!