Cuma 3 Orang Hadir Rapat, Waketu Komisi IV DPR: Saya Harus Ngomong Apa?

Jakarta -Rapat Panja Komisi IV DPR dengan Kementerian Pertanian hanya dihadiri 3 orang anggota. Entah apa alasan para wakil rakyat ini tidak menghadiri rapat, padahal sebelumnya semua anggota sudah diinformasikan.

"Sudah diberitahu sebelumnya," kata Pimpinan Rapat dari Fraksi Golongan Karya, Firman Subagyo yang jugal Wakil Ketua Komisi IV seusai rapat dengan Kementan di ruang rapat Komisi IV Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (4/2/2014).


Firman adalah salah satu dari 3 orang yang mengikuti rapat dari awal hingga akhir. Firman pun kebingungan kenapa rekan-rekannya tidak menghadiri rapat yang membahas RUU Konservasi Tanah dan Air ini.


"Saya harus ngomong apa? Faktanya yang hadir hanya dari beberapa orang," kata Firman


Meski hanya dihadiri segelintir anggota Komisi IV, rapat terus dilakukan. Menurut Firman, rapat hari ini hanya membahas mengenai masukkan-masukkan dari para pemangku kepentingan dan orang yang berpengalaman di lapangan, di antaranya Kementerian Pertanian, Perhutani, dan Inhutani.


"Ya itulah karena memang rapat ini sedang mencari masukkan, memang tidak ada ketentuan harus kuota forum (kuorum). Ya mungkin inilah teman-teman menganggap, bahwa nggak datang itu nggak apa-apa. Tapi sebaiknya hadir karena yang kita yang undang adalah yang berpengalaman di lapangan," katanya.


"Banyak masukan-masukan, dengan harapan dengan masukan itu akan memperkaya materi di dalam pembahasan undang-undang. Dengan keterbatasan yang ada kita bisa lebih sempurna dengan masukan-masukan ini," imbuh Firman.Next


(zul/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!