Gita Wirjawan Sebut Mendag yang Baru Tak Banyak Pekerjaan Rumah

Jakarta -Menteri Perdagangan (mendag) Gita Wirjawan tidak mau memberikan kriteria khusus untuk mendag baru dan menyerahkan semua keputusan kepada Presiden SBY. Ia pun menegaskan tak banyak pekerjaan rumah (PR) bagi pejabat yang baru.

"Tipenya apa saja, saya yakin saya percaya presiden akan memilih sosok yang benar. Saya belum memberikan masukan, saya mempercayakan sepenuhnya kepada bapak presiden," ujar mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan Jalan Ridwan Rais Jakarta, Selasa (4/02/2014).


Gita menyarankan agar mendag yang baru tidak saja fokus membenahi dunia perdagangan di dalam negeri tetapi membenahi segala urusan perdagangan luar negeri.


"Pekerjaan rumah tidak banyak dan hanya meneruskan kerja saya. RUU Perdagangan itu dahsyat bagaimana pengganti saya bisa meneruskan semangat-semangat kebijakan yang sudah kita bingkai selama ini. Tentunya terkait produk dalam negeri, ini harus kuatlah. Kalau luar negeri tentunya WTO (World Trade Organization), PR-nya banyak, jadi bukan hanya implementasi untuk kepentingan LDC's (negara miskin), tetapi ini ada Permen (Peraturan Menteri) yang harus dikeluarkan untuk menyesuaikan Indonesia dengan semangat di WTO," jelasnya.


Presiden SBY belum menunjuk mendag yang baru menggantikan Gita Wirjawan. Gita mundur sebagai mendag dan fokus mengikuti konvensi Partai Demokrat sebagai bakal calon presiden.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!