Pesan Jero ke PNS ESDM: Pangkat dan Gaji Naik, Kinerja Harus Naik

Jakarta -Hari ini, sebanyak 464 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dapat promosi kenaikan pangkat per 1 April 2014. Menteri ESDM Jero Wacik punya pesan khusus.

Jero mengingatkan dengan pangkat baru dan gaji baru, harusnya para pegawai bisa berkerja lebih baik dari yang sebelumnya. Jangan sampai pangkat dan gaji naik, tapi kerjanya tidak meningkat.


"Jangan gaji naik pangkat naik, bekerjanya tidak tambah baik. Ini jawaban dari kita yang pangkatnya naik mulai 1 April," ungkap Jero dalam sambutannya pada upacara kenaikan pangkat 464 PNS Kementerian ESDM di kantornya, Jakarta, Selasa (25/3/2014).


"Perintah saya, kinerjanya juga harus naik. Kalau kemarin putaran mesin 1.500 rounds per minutes, maka mulai 1 April harus naik. Lebih gencar bekerja," jelasnya.


Jero mengatakan, kinerja dari PNS akan selalu dipantau oleh masyarakat, yang akan tercermin dari pelayanan yang diberikan. Jero tidak ingin nantinya ada keluhan dari masyarakat soal kinerja pegawai yang pangkatnya dinaikkan. "Karena kalau kinerja bagus, sehingga rakyat senang," sebut Jero.


Kenaikan pangkat oleh PNS harusnya menjadi peristiwa yang sangat bersejarah, karena tidak semua PNS mendapatkan hal yang sama.


"Kenaikan pangkat mestinya menjadi hari bersejarah. Saya waktu jadi pegawai di Astra itu luar biasa senangnya. Biasanya besoknya langsung ditodong buat traktir teman-teman," imbuhnya.


Selain itu kenaikan pangkat juga akan berguna saat adanya promosi jabatan. Tidak sedikit orang yang malah tidak mendapatkan jabatan yang tinggi karena secara administrasi, pangkatnya tidak cukup.


"Sering seseoang mau mendapat jabatan tertentu itu tidak disetujui karena pangkatnya kurang. Maka itu ini penting," pungkasnya.


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!