400 Hektar Lahan PUSPITEK Jadi Uji Coba MRT dan Monorel Buatan Lokal

Jakarta - Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) menghibahkan 400 hektar lahan di daerah Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel) untuk dijadikan lahan uji coba transportasi massal. Nantinya infrastruktur seperti monorel, MRT, dan kereta api bisa diujicobakan di lahan tersebut.

Menteri Riset dan Teknologi Gusti M Hatta menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan unuk memberdayakan lahan milik PUSPIPTEK atau Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tersebut.


"Kita menyiapkan lahan kita sudah bicara secara informal dengan Menhub, beliau antusias sekali. Di Serpong itu ada lahan ratusan hektar. Kalau mau sebagai test track itu bisa," kata Gusti saat ditemui di Kantor Badan Standarisasi Nasional, Jakarta, Selasa (11/6/2013).


Gusti mengatakan, lahan tersebut kini belum dipakai. Pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan terkait persoalan administrasi dan persoalan teknis dan non teknis lainnya.


"Eselon-eselon kita dan di Kemenhub terus melakukan koordinasi kok," jelasnya.


Selain itu, dia juga mengatakan, anak bangsa pun mampu membuat proyek infrastruktur sekelas monorel dan MRT. Beberapa waktu lalu, dikatakan Gusti, dirinya kedatangan produsen monorel untuk mengadakan dialog.


"Kita juga sudah bisa bikin. Ada produsen monorel itu bagus kalau tidak salah iya asal Bekasi. Tapi kami hanya mengobrol, saya antarkan ke Gubernur DKI. Karena pengembangan kita sifatnya hanya dari penelitian saja, kalau industri ranahnya ke Kementerian Perindustrian," katanya,


(zul/hen)