Ini Jadwal Hari Kedua PM Rutte di Indonesia

Den Haag -Kegiatan kunjungan resmi di Indonesia pada hari kedua, Kamis (21/11/2013) besok, akan dimulai oleh PM Rutte bersama Menteri Perdagangan Luar Negeri dan Kerjasama Pembangunan Lilianne Ploumen dengan menghadiri pertemuan mengenai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD).

NCICD adalah sebuah proyek tanggul raksasa pengendalian air, yang dibangun oleh Indonesia atas dukungan Belanda. Fungsi NCICD, yang saat ini masih dalam tahap pengerjaan, adalah untuk melindungi warga Jakarta dari banjir dan pada saat bersamaan mendorong pembangunan kawasan pantai.


Setelah itu PM Rutte akan mengunjungi kapal keruk Van Oord, sebuah perusahaan Belanda yang juga pernah menggarap proyek pengerukan laut dan pembangunan pulau buatan Palm Jumairah di Dubai, yang spektakuler itu.


Di atas kapal keruk Van Oord, PM Rutte akan mendapat penjelasan mengenai kegiatan pengerjaan seputar perluasan pelabuhan Jakarta, demikian keterangan pers Rijksvoorlichtingsdienst (Dinas Penerangan Kerajaan).


Sementara itu kegiatan Staatssecretaris (setingkat Menteri Muda) Bidang Ekonomi Sharon Dijksma akan diawali dengan diskusi meja bundar mengenai sektor kakao berkelanjutan. Disusul pembicaraan dengan Menteri Pertanian Suswono antara lain tentang kerjasama di bidang perkebunan, ternak dan industri susu.


Menjelang siang PM Rutte, Menteri Ploumen dan Staatssecretaris Dijksma akan menghadiri pertemuan dengan Menteri Koordinator Ekonomi Hatta Radjasa bersama 30 orang CEO dari perusahaan besar Belanda dan Indonesia, disusul jamuan makan siang.


Pertemuan ini akan dipandu oleh Ketua Asosiasi Pengusaha Belanda (VNO-NCW) Bernard Wientjes, Ketua KADIN Suryo Sulisto dan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sofjan Wanandi. Next


(es/es)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!