Makanan Thailand Mendunia Karena Subsidi Pemerintah, Kalau RI?

Jakarta -Hampir di seluruh negara di dunia ini restoran Thailand hadir. Alhasil, makanan negeri gajah putih ini dikenal dunia. Ternyata pemerintah Thailand selama ini memberikan subsidi untuk pembangunan restoran Thailand di luar negeri. Apakah Indonesia bisa menyaingi?

"Restoran Thailand di seluruh penjuru dunia itu disubsidi oleh pemerintahnya," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu saat berkunjung ke kantor redaksi detikcom, Selasa (19/11/2013).


Menurut Mari, cara ini penting untuk mengangkat dan memperkenalkan menu makanan/minuman asli negara tersebut. Lalu memberi daya tarik wisatawan asing untuk mau berkunjung langsung ke negara yang bersangkutan.


"Program seperti ini penting sekali untuk mengangkat negara Thailand dan otomatis turisme juga akan terangkat," tambahnya.


Selain itu, produk makanan segar asal Thailand juga mudah ditemui di supermarket berbagai negara. Hal ini tidak lepas dari peranan negara yang cukup besar untuk gencar mempromosikan dan mengenalkan produknya ke negara lain.


"Produk makanan olahan dan segar Thailand juga dapat ditemui dengan mudah di supermarket di luar negeri. Jadi kalau kita berkunjung ke Amerika Serikat sana dapat ditemukan dengan lemon grass dan besol Thailand. Kemudian bumbu makanan cepat saji seperti tomyang juga bisa ditemui," katanya.


Mari mengatakan, program ini sudah dirintis sejak kepemimpinan Thaksin Shinawatra di awal tahun 2000-an. Saat itu Thaksin mempunyai keinginan memperkenalkan 5 produk dalam negerinya ke mancanegera. Lalu yang terkenal hingga kini adalah makanan dan otomotif.Next


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!