Nasib Bandara Soekarno Hatta Bisa Serupa Dengan Jalanan Jakarta

Jakarta -Bandara Internasional Soekarno Hatta di Cengkareng bisa bernasib sama dengan kondisi jalanan di ibu kota Jakarta. Pasalnya saat ini bandara tersebut sudah sangat padat.

Ketua umum Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Carriers Air Assosiation (INACA) Arif Wibowo mengatakan, proyek perluasan bandara harus terus berjalan. Jika sampai berhenti, maka konsekuensinya akan fatal.


“Jadi ini mirip Jakarta. Kalau infrastruktur bandara tidak dibenahi ya kemacetannya akan kayak begini (Jakarta),” ucap Arif kepada detikFinance di Kantor Pusat Citilink, Jakarta, seperti dikutip Rabu (20/11/2013).


INACA memandang operator bandara dan operator navigasi udara pelat merah perlu lebih fokus mempercepat pembangunan infrastruktur di Bandara Soekarno Hatta. Karena bandara yang terletak di Banten ini merupakan pusat lalu lintas penerbangan di Indonesia.


“Jadi kita ingin fasilitas infrastruktur dipercepat juga. Jadi minimal Cengkareng dulu deh. Kalau Cengkareng sudah dibereskan karena kita sudah analisa dari tahun lalu 66 juta penumpang traffic-nya. 40 juta itu yang keluar dari Cengkareng. Itu terdiri dari 22 rute utama dan basisnya di Cengkareng,” tegasnya.


'Contek' Heathrow Atasi Keruwetan


Pengelola bandara dan operator navigasi udara di Bandara Internasional Soekarno Hatta di Cengkareng Indonesia diharapkan bisa meniru kesuksesan operator Bandara Internasional Heathrow di London Inggris. Next


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!