Proyek Tanggul 'Garuda Raksasa' di Jakarta Dipastikan Dimulai 9 Oktober

Jakarta -Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan akan segera memulai kegiatan pembangunan proyek tanggul laut 'Garuda Raksasa' atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD)/Pengembangan Terpadu Pesisir Ibukota Negara (PTPIN).

Pada Kamis, 9 Oktober 2014, peletakan batu pertama (groundbreaking) akan dilakukan sebagai tanda dimulainya pembangunan mega proyek ini.


Hal ini disampaikan oleh Deputi Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI Jakarta Sarwo Handayani kepada detikFinance, Senin (6/10/2014).


"Ya, akan dimulai groundbreaking 9 Oktober. Tapi ini tahap A saja (tahap pertama), dari keseluruhan 3 tahap," kata Handayani.


Tahap A yang dimaksud adalah, pembangunan tahap pertama proyek NCICD, yaitu penguatan tanggul di garis pantai Jakarta sepanjang 32 Km. Rencananya dilakukan hingga 2018. Saat ini beberapa lokasi di pinggir pantai Jakarta sudah memiliki tanggul namun harus dikuatkan lagi untuk mendukung proyek NCICD.


"Harus 3 tahun selesai," ujarnya.


Ia mengatakan, untuk pendanaan penguatan tanggul tahun ini bersumber dari anggaran Kementerian Pekerjaan Umum. Untuk tahun berikutnya, Pemprov DKI Jakarta akan juga ikut berkontribusi terhadap anggaran proyek ini.Next


(hen/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!