Perbaiki Kinerja, Bakrie Telecom Gaet Mantan Direktur BlackBerry

Jakarta - Manajemen PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) menyetujui perombakan susunan direksi. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kinerja perseroan ke arah yang lebih baik.

Perseroan mengangkat Anindya Bakrie menjadi Komisaris Utama yang sebelumnya sebagai Direktur Utama perseroan. Sementara Bobby Umar Ghafur bergeser menjadi Wakil Komisaris Utama yang sebelumnya sebagai Komisaris Utama perseroan.


Komisaris Utama BTEL Anindya Bakrie mengatakan, para pemegang saham menyetujui untuk mengangkat dua direksi baru yaitu mantan Direktur Pemasaran Research In Motion (RIM) Indonesia Eka Anwar sebagai Direktur BTEL yang baru.


Selain itu, perseroan juga mengesahkan Bachder Bachtarudin sebagai Chief Financial Officer (CFO) alias Direktur Keuangan BTEL. Bachder sudah menjalankan tugas sebagai CFO sejak April lalu dan hari ini baru disahkan.


"Kami menyetujui untuk mengangkat 2 direksi," kata Anin usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa, di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Selasa (11/6/2013).


Sementara itu, perseroan juga menyetujui pengunduran diri Amit Bose sebagai Direktur perseroan.


"Kita melakukan pembenahan bukan hanya di organisasi tapi juga di perusahaan," kata dia.


Seperti diketahui, BTEL masih mencatat rugi Rp 97 miliar di akhir Maret 2013, tapi rugi ini sudah berkurang 73% dari rugi tahun sebelumnya pada periode yang sama.


Sementara anak usaha Grup Bakrie ini bisa sudah bisa mencatat laba usaha Rp 50 miliar di triwulan I-2013 dibandingkan tahun sebelumnya mengalami rugi Rp 170 miliar.


Emiten berkode BTEL itu juga membukukan pertumbuhan 11% untuk pendapatan usaha bersih dari Rp 527 miliar pada triwulan I-2012 menjadi Rp 582 miliar tahun ini.


Beban usaha perseroan menunjukkan penurunan sebanyak 24% dari Rp 697 miliar menjadi Rp 532 miliar. Hal ini menyebabkan peningkatan pada EBITDA dari Rp 191 miliar menjadi Rp 277 miliar atau naik 45%.


Total utang Bakrie Telecom berkurang sebesar Rp 643 miliar dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.


Berikut Susunan Direksi yang baru:

- Direktur Utama: Jastiro Abi

- Direktur: Harya Mitra Hidayat

- Direktur Tidak Terafiliasi: Imanuddin Kencana Putra

- Direktur: Bachder Bachtarudin

- Direktur Tidak Terafiliasi: Eka Anwar


(ang/ang)