Erik Meijer Sebut Garuda Tak Bersaing dengan Merpati

Bima -Maskapai pelat merah PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) membuka rute penerbangan ke daerah-daerah. Garuda Indonesia memakai armada ATR 72-600 untuk mendukung pembukaan rute ini. Mulai besok, Garuda Indonesia membuka rute penerbangan secara komersial yakni Denpasar-Labuan Bajo (NTT)-Ende (NTT). Pada hari yang sama, juga dibuka rute Denpasar-Mataram (NTB)-Bima (NTB).

Rute-rute yang dibuka ini ternyata telah dilayani oleh maskapai pelat merah lainnya yakni PT Merpati Nusantara Airlines (Persero). Direktur Komersial Garuda Indonesia Erik Meijer menjelaskan, dibukanya rute-rute ke daerah justru memberikan keleluasaan masyarakat untuk memilih, bukan untuk bersaing.


"Kita nggak bersaing. Kita saling melayani penumpang. Dari maskapai yang beroperasi kita jaringannya yang lebih kuat," ucap Erik kepada saat peluncuran penerbangan Garuda dengan ATR di Bandara Bima, NTB, Senin (2/12/2013).


Rute-rute yang dibuka Garuda ini telah lebih dahulu dilayani oleh maskapai sekelas Sky Avation, Lion Air dengan Wings Air, Trans Nusa, hingga Merpati.


Sebelumnya, Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar menjelaskan, penerbangan dengan armada ATR dipilih oleh Garuda Indonesia untuk menghubungkan ke rute-rute pendek di daerah yang memiliki landasan pacu (runway) di bawah 1.600 meter.


Penerbangan dengan pesawat ATR ini nantinya membidik penumpang yang melakukan perjalanan wisata dan bisnis.


"Pesawat ATR 72-600 merupakan milestone penerbangan Garuda, diterbangkan ke tempat destinasi baru khusus pariwisata dan investasi. Kita ingin kemana saja naik Garuda. Pesawat 72-600 merupakan pesawat handal dan menggunakan teknologi yang mutakhir," ucap Emir.


Pada kesempatan itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan, penerbangan menggunakan pesawat ATR ini diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisatawan dan perkembangan wisata eksotik di seluruh Indonesia.


Penerbangan perdana secara komersial untuk armada ATR ini akan dimulai pada tanggal 3 Desember 2013. Rute komersial yang dibuka dari Denpasar-Labuan Bajo (NTT)-Ende (NTT). Pada hari yang sama, Garuda Indonesa melayani rute Denpasar-Bima (NTB)-Mataram (NTB).


Hingga akhir 2013, Garuda Indonesia menerima kedatangan 2 armada ATR. Sementara hingga tahun 2017, sebanyak 35 armada ATR tipe 72-600 ini bakal memperkuat penerbangan rute-rute jarak pendek Garuda Indonesia.


(feb/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!