Sepatu Boleh Tipis, Tapi Omzetnya Tebal Sampai Rp 200 Juta

Jakarta -Sosok Agung Ruswiandoyo (35) merupakan anak muda yang konsisten dan punya keyakinan untuk menjadi seorang wirausahawan. Ia memulai usahanya dari bisnis merchandise band di Bandung pada 2004. Ia memulai usaha merchandise dengan mengusung brand Panzer Division, kemudian berganti nama jadi Osculum di 2008.

Namun banyaknya pemain baru di bisnis ini, membuat persaingan semakin ketat dan prospek bisnis ini menurun. Agung kemudian banting setir menjadi pengusaha sepatu wanita pada 2011 dengan brand Moda Shoes. Sepatu ini dibuat dengan desain dan bahan ekslusif dengan mengincar konsumen kelas menengah ke atas.


Pemasaran Moda Shoes hanya dilakukan di distro premium di Jakarta dan Bali, mengincar konsumen yang memang pas dengan segmen Moda. Sayang harapannya untu meraih sukses dengan brand Moda seperti bertepuk sebelah tangan. Sebagai pemain baru tak mudah bagi Moda untuk bersaing dengan brand-brand yang sudah mapan.


Setelah tujuh tahun bergelut di bisnis fashion—merchandise band dan sepatu, pada awal 2012 Agung berpindah haluan pada bisnis yang selama ini belum pernah dia jalani yaitu bisnis kuliner. Ia kemudian menggandeng teman baiknya, Revi Setyadi (36), untuk berjualan produk kuliner lewat ajang pameran.


Tapi ternyata usaha kuliner tidak semudah yang ia bayangkan. Biaya sewa booth yang lumayan mahal seringkali membuat mereka sulit mengejar untung. Bahkan kadang-kadang mereka harus buntung, karena modal pun kadang tidak bisa kembali 100%.


Mereka berdua kemudian menyerah berbisnis di bidang kuliner. Saat itu mereka mengamati apa yang sedang tren di kalangan anak muda. Dari pengamatan itu muncul satu brand sepatu yang sedang naik daun dan banyak dibuat produk KW alias tiruannya.


"Saya lihat produk KW-nya saja Rp 120 ribu. Kalau saya membuat produk sejenis dengan harga lebih rendah harusnya laku,” kata Agung.Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!