Alasan Jokowi Lirik Metro Kapsul: Lebih Murah Dibanding MRT dan Monorel

Ayunda W. Savitri - detikfinance


Jakarta -Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta serius ingin mengkaji alat transportasi metro kapsul yang merupakan 100% buatan Indonesia. Alasan utamanya adalah investasi yang jauh lebih murah.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, hari ini, produsen metro kapsul melakukan pemaparan konsepnya ke Pemprov DKI. Jokowi juga berencana melihat alat transportasi itu, tapi tak tahu kapan waktunya. Pabrik metro kapsul ini berada di Subang, Jawa Barat.


"Ya tertarik. Karena murah memang dari segi biaya produksi per kilonya jauh lebih murah dibanding MRT dan monorel," jelas Jokowi di Balaikota, Jakarta, Senin (24/3/2014).


Jokowi yakin, bila metro kapsul dibangun, tidak akan mengganggu alat transportasi lain yang sudah direncanakan pembangunannya, seperti monorel dan MRT.


"Di negara-negara mana pun yang namanya transportasi massal itu macam-macam. Ada yang bus, ada yang trem, ada yang monorel, MRT dan macam-macam banyak sekali. Bermacam jenisnya," kata Jokowi.


Calon presiden dari PDIP ini ingin melihat langsung apakah benar metro kapsul lebih murah investasinya, dan lebih efisien pembangunannya. "Karena ini memang simpel sekali tiangnya kecil, pengerjaannya cepat banget, kemudian juga pengaturan kereta itu bisa beriringan," ujar Jokowi.


Namun sampai saat ini baru pemaparan sementara soal biaya investasi metro kapsul. Lalu Perkakas Rekadaya Nusantara, salah satu konsorsium metro kapsul juga mengajukan rute Senayan ke Bandara Soekarno-Hatta. "Ini prosesnya masih panjang," ungkap Jokowi.


Jokowi belum bisa memberikan waktu pasti kapan kita-kira metro kapsul dibangun di Jakarta.


"Belum wong baru mulai. Coba kita lihat MRT (butuh) berapa tahun? Dari perencanaan sampai sekarang, 26 tahun. Monorel berapa tahun, 15 tahun. Ini baru 2 hari saja kamu sudah ngejar-ngejar. Pengennya kalau saya cepat," imbuh Jokowi.


(dnl/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!