Kiwoom Securities: Aksi Jual Asing Masih Bikin IHSG Negatif

Jakarta - Cukup positifnya Dow Jones serta bursa dunia diharapkan dapat memperbaiki sentimen. IHSG bergerak cukup negatif dengan menembus diagonal supportnya minggu lalu. Serta, cukup tingginya aksi jual asing masih dapat mendorong peluang yang negatif. Maka, kami memperkirakan IHSG bergerak di kisaran yang mixed hari ini.

BABP – Rencana rights issue

Calon pembeli 30% saham PT Bank ICB Bumiputera (BABP), Harry Tanoesoedibjo, memberi isyarat persetujuan melakukan rights issue. Sesuai dengan rencana awal, BABP berencana menebitkan saham baru melalui proses rights issue dengan target perolehan dana sekitar Rp 300 Miliar pada akhir 2013. Pada April lalu, Harry Tanoe melalui MNC Kapital, menandatangani perjanjian jual beli terkait rencana akuisisi 30% saham BABP dari ICB Financial Group Holdings AG, pemilik 69.9% saham BABP.


BEST – Diversifikasi bisnis

PT Bekasi Fajar Industrial Estate (BEST) melakukan diversifikasi bisnis yang awalnya fokus pada penjualan lahan industri, sekarang BEST akan mulai masuk bisnis pergudangan dan penyewaan bangunan pabrik standar. Manajemen BEST mengungkapkan tren saat ini mulai mengarah pada penyewaan lahan industri yang disertai bangunan. BEST akan membangun gudang dan logistik pada Juli 2013. BEST memperkirakan proses pembangunan gudang, pusat logistik, dan bangunan pabrik standar membutuhkan waktu tiga tahun. Rencananya BEST akan membangun gudang diatas lahan seluas 20,000 m² dan lokasinya di dekat MM2100, Bekasi. Sementara pembangunan pabrik standar seluas 6.5 Ha yang dijual seluas 4 Ha dan sisanya 2.5 Ha akan disewakan dan akan dipasarkan pada Agustus 2013.


KKGI – Rencana buyback saham

PT Resource Alam Indonesia (KKGI) telah merealisasikan program buyback atas 24.8 juta lembar saham senilai Rp 60 Miliar pada periode 30 Oktober 2012 hingga 31 Mei 2013. KKGI mengalokasikan dana senilai Rp 200 Miliar untuk program buyback saham yang akan berlangsung hingga April 2014.


TKIM – Capai 100% kapasitas produksi

PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia (TKIM) telah mencapai puncak kapasitas produksi kertas sebanyak 100,000 ton per bulan. Tingkat utilisasi 100% terjadi atas seluruh lini produksi seiring dengan meningkatnya permintaan domestik dan ekspor.


(ang/ang)