Hatta Beri Kesempatan Pemda NTB Beli Saham Divestasi Newmont

Jakarta - Menko Perekonomian Hatta Rajasa menilai pembelian sisa saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara sebesar 7% sebaiknya diserahkan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Nusa Tenggara Barat. Hal ini dilakukan agar pemda dapat mengelola kekayaan alamnya sehingga bisa dinikmati seluruh masyarakatnya.

Demikian disampaikan Hatta di Kantor Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (10/6/2013).


"Kalau pandangan saya jangan dibikin ribet. Bagi saya pemerintah bukan pemerintah pusat saja, tapi ada pemda, berilah kesempatan pemda untuk menikmati daerahnya asalkan transparan dan governance-nya baik, jangan apa-apa pusat," tegas Hatta.


Menurut Hatta, pemberian kesempatan pembelian saham oleh pemda demi kebaikan semua pihak, termasuk para pekerja di perusahaan asal Amerika Serikat (AS) tersebut.


"Silahkan (pemda beli), kalau ini pandangan saya sebaiknya kita berikan kesempatan kepada daerah. Nanti kalau daerah itu tidak merasa diperhatikann nanti akan jadi repot yang bekerja di situ," jelasnya.


Selain itu, dengan diberikan tanggung jawab, pemda juga dapat belajar meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakatnya sendiri sehingga tidak bergantung pada pemerintah pusat.


"Setiap ada resources di suatu daerah, jangan heavy di satu pusat, jadikan itu pusat pertumbuhan baru," tandasnya.


(nia/ang)